Cara Mudah Berjualan Dengan Instagram

Perkembangan dari dunia teknologi tentu sudah tidak bisa diremehkan. Salah satu yang terkena dampak cukup besar adalah dunia digital marketing. Anda hanya membutuhkan smartphone serta koneksi internet sebagai modal untuk menjalankan bisnis. Beberapa sosial media kini banyak dimanfaatkan untuk perkembangan dunia bisnis.  Instagram merupakan salah satu jenis aplikasi sosial media dengan user yang berjumlah mencapai ratusan juta pengguna. Fitur yang ada di dalamnya ternyata bisa dimanfaatkan untuk para pebisnis agar bisa meningkatkan penjualan. Bahkan developer dari Instagram memberi layanan Instagram bisnis yang bisa dimanfaatkan dengan baik oleh para pemilik usaha tersebut.

Sukseskan Bisnis Anda dengan Memanfaatkan Fitur Instagram Ini

Hampir setiap orang, apalagi para generasi milenial memiliki akun di media sosial Instagram. Frekuensi akses untuk melakukan aktivitas penjelajahan juga sangat tinggi. Kondisi ini telah membuka sebuah peluang bisnis yang sangat prospektif. Selain karena murah, melakukan promosi via aplikasi ini juga cenderung lebih disukai karena bisa memuat berbagai gambar produk yang di pasarkan. Meskipun tergolong sangat menjanjikan, namun jika tidak tahu caranya tentu sama saja bohong. Oleh karena itu, Anda harus tahu cara mudah berjualan di Instagram dengan memanfaatkan fitur yang tersedia di dalamnya:

  • Instastory

Pastinya Anda sudah tidak asing dengan fitur yang satu ini. Salah satu fitur unggulan yang bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan adalah Instastory. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa hampir setiap user di aplikasi ini melakukan update Instastory setiap hari. Menurut pihak Instagram sendiri setidaknya ada sekitar 400 juta Instastory yang muncul. Bahkan Indonesia masuk ke dalam jajaran besar negara dengan pengguna yang rajin melakukan update. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk Anda melakukan promosi. Pasanglah Instastory secara rutin yang bersifat interaktif. Bisa dengan menggunakan stiker atau fitur ask me question untuk membangun hubungan yang baik dengan konsumen.

  • Autoreply

Fitur autoreply sangat dibutuhkan untuk sebuah bisnis online. Pemilik usaha online tentu tidak bisa melakukan aktivitas online selama 24 jam. Oleh karena itu, autoreply ini akan berguna jika Anda ingin melakukan offline. Sudah menjadi resiko jika pemilik akun bisnis akan sering di PC oleh para konsumen. Jika Anda tidak memberi balasan dalam waktu singkat tentu akan sangat mengecewakan dan terkesan tidak profesional.

Padahal kita tentu memiliki aktivitas lain yang juga harus dihandle. Hadirnya autoreply ini akan sangat membantu untuk memberikan pelayanan yang baik pada konsumen. Anda bisa mengaktifkannya pada bagian setting. Pilih opsi balasan cepat pada pengaturan bisnis. Kemudian, masukan kata-kata yang kiranya sering ditanyakan konsumen.

  • Tanda pagar atau tagar

Penggunaan tanda pagar atau hashtag merupakan salah satu fitur yang sangat penting di Instagram untuk dunia bisnis. Jika Anda melakukan upload foto produk atau brand jangan pernah lupa untuk memasukkan tagar yang sesuai. Hal ini bermanfaat untuk mempermudah konsumen menemukan produk yang Anda jual. Selain itu, tagar berpotensi untuk mempercepat produk tersebar secara luas ke seluruh pengguna Instagram. Hindari penggunaan spam hashtag agar orang tidak merasa terganggu dengan postingan Anda. Masukan tagar secukupnya yang relevan.

Tips Berjualan Melalui Instagram

Ketika memutuskan untuk melakukan promosi menggunakan Instagram, maka ada tips untuk membuat lebih efektif. Tipsnya yaitu pisahkan akun antara yang bisnis dengan pribadi. Hal ini bertujuan agar membuat Anda lebih fokus. Selain itu, hal ini juga akan mempermudah Anda melayani konsumen karena chat tidak akan tumpang tindih dengan chat pribadi. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share

You may also like